Gunung Welirang

gunung welirangGunung Welirang adalah gunung yang masih aktif dengan kawah yang selalu menghembuskan asap dan cairan belerang. Gunung ini merupakan kompleks gunung yang membentuk barisan. Terdapat beberapa gunung di sekitar Gunung Welirang-Arjuna diantaranya : Gn. Arjuna (3339 mdpl), Gn. Welirang (3156 mdpl), Gn. Kembar I (3051 mdpl), Gn. Kembar II (3126 mdpl), Gn. Ringgit (2477 mdpl).

 

Ada 3 jalur pendakian ke gunung Arjuna Welirang

  • Jalur Tretes
  • Jalur Makutoromo/Candi Sepilar (langsung Puncak Arjuna)
  • Jalur Lawang (langsung Puncak Arjuna)
Jalur Makutoromo dan Jalur Lawang nantinya akan bertemu kira-kira 1,5 jam sebelum Puncak Arjuna.
Kali ini saya akan membahas jalur Tretes
RUTE TRANSPORTASI DARI SURABAYA :
Angkutan mulai dari Surabaya (terminal Bungurasih/Purbaya) Naik bis jurusan Malang dari bungurasih (turun di Pandaan). Rp 7.000.
Naik angkutan lokal dari terminal Pandaan turun di Tretes (turun hotel Tanjung). Rp.7.000. Ijin pendakian pada posko (jalan kurang lebih 30 M dari hotel tanjung).

Setelah Melewat gerbang di belakang hotel kita akan menemukan jalur bercabang

  • Ke Kanan menuju Camping ground Kakek Bodo / Wisata Air Terjun Kakek Bodo
  • Lurus/Kiri jalur menuju Gunung welirang/arjuna
Setlah berjalan 30 menit dari percabangan tadi kita akan sampai Pos Pet Bocor (jalan masih beraspal mulus) setelah melanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalan aspal tadi jalan akan berubah menjadi jalan bebatuan yg rusak, biasanya jalan tersebut dilalui mobil 4×4 untuk mengangkut belerang. Setelah kira2 berjalan 3 jam kita akan sampai di Pos Kop – kopan, dengan tetap mengikuti jalan berbatu yg tadi sekitar 3 jam kita akan sampai di Pos Pondokan (di Pos Kop-kopan/Pondokan terdapat banyak air).

Besok paginya kita dapat mulai mendaki, dan kira-kira 45 menit perjalanan kita jumpai jalan bercabang, kekiri ke arah Gunung Arjuno, atau lurus langsung kearah ke puncak Gunung Welirang. Dari pondok sampai ke puncak Gunung Welirang ini kita melewati hutan Cemara dan kita akan kita akan sampai di puncak G. Welirang setelah perjalanan 2 – 3 jam. Jalur pendakian dari Tretes sampai Gunung Welirang merupakan jalan berbatu yang tertata rapi , tetapi merupakan siksaan tersendiri untuk perjalanan turun.

Dari Puncak Gunung Welirang, yang ditandai dengan batu besar, kita bisa menyaksikan pemandangan menarik kearah Selekta, Tretes dan kaki-kaki langit di Selat Madura. Di bawah puncak Gunung Welirang ada dua kawah berwarna kekuningan yang menyemburkan gas beler\nang; Kawah Jero yang besar dan lebih dalam dan Kawah Plupuh. Bijih belerang di Kawah Jero inilah yang ditambang secara tradisional. Bila kemalaman kita bisa berteduh di gua-gua disekitar Puncak. Bagi yang tidak tahan aroma belerang sebaiknya tidak berlama-lama berada disekitar Puncak dan kawah, karena akan menyebabkan pening. Perlu waktu 3 – 4 jam untuk turun ke Tretes dari Puncak G. Welirang.


4 thoughts on “Gunung Welirang

  1. Hello, I think your blog might be having browser compatibility issues. When I look at your blog in Safari, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, very good blog!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>